Wednesday, 20 February 2013

Cara Cepat Buat Ribuan Label Undangan

400 undangan? 500 undangan? 700 undangan? 1.000 undangan? berapapun jumlah undangannya nanti, kebayang nggak sih betapa repotnya kita para calon penganten mesti ngetik label undangan segitu banyaknya satu per satu? *yang diketikin orang lain diem aje* .. Naaaah, ini ada cara praktis untuk memudahkan kita ngerjain semua itu sendiri, simak step-stepnya :

1. masuk ke website tjlabels.com
2. pilih format label yang akan ditempel di undangan (label no 100, 101, 103, 121 dll) lalu download
3. langsung masuk ke ms.word
4. untuk mempermudah, bisa kasih border biar jelas batasannya (ctrl+A lalu pilih 'all border), jangan lupa untuk hapus border sebelum diprint
5. buka ms.excel
6. ketik deh nama dan alamat orang-orang yg mau diundang, bikin di dua kolom
7. klik 'format as table' > pilih yang medium > OK
8. 'save' list yang udah dibikin di ms.excel
9. balik ke ms.word, cari 'mailings' > 'select recipients' > klik 'use existing file', open file excel yang tadi di-save
10. pilih satu kotak dalam border > klik 'insert merge field', column 1 (nama) *muncul <>* lalu ENTER > klik lagi 'insert image field', column 2 (alamat) *muncul <>* | kalau mau menambahkan "Yth" atau "Di" tinggal ditulis aja
11. klik 'rules' > pilih 'next record'
12. block <> sampai <> > 'copy' > 'paste' ke kotak-kotak lainnya
13. klik 'finish&merge' > pilih 'edit individual documents' > OK
14. masuk deh data-data dari excel tadi

Nah, untuk capeng seperti gue yang belum bikin undangan sehingga belum tau label nomor berapa yang mau dipake, bisa memulai dengan membuat list undangannya di ms.excel terlebih dulu (contek step nomor 5 sampai 8). begitu undangan udah keluar dari oven, beli deh labelnya & download formatnya. lumayan kan buat nyicil pekerjaan.

2 comments:

ini berguna buat dirimu sendiri yang mau cetak undangan :D

Post a Comment