Jumat, 25 Oktober 2013

Pemanfaatan IP PUBLIC

Maaf sebelumnya, artikel ini bukan lah untuk mempromosikan layanan Telkom Speedy, namun hanya untuk berbagi pengetahuan.

Bagi pengguna layanan Telkom Speedy, kali ini saya mengajak anda untuk sedikit mengeksplorasi fitur yang disediakan oleh Telkom Speedy yaitu IP Public nya.

Sebelumnya, perlu diketahui apa kegunaan IP Public ini. Adapun manfaat yang dapat dirasakan dari menggunakan IP public ini adalah, kita dapat membangun sebuah server mis : Web Server, FTP Server, Mail Server, dll. Dan server-server tersebut dapat diakses oleh umum (Internet). Jadi, server kita tersebut bukan lagi sebatas server lokal. Namun, server tersebut bisa diakses dimana saja asal ada koneksi ke internet.

Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh agar dapat menggunakan IP Public dari Speedy adalah sebagai berikut :

  • Cari tahu berapakah IP Public anda. Caranya anda hanya perlu membuka Link Cek IP atau situs sejenis yang menawarkan jasa untuk melihat IP Addressdari mana kita browsing. Catatan : untuk Speedy  paket Unlimited (Office dan Warnet), IP Address tetap (permanen), sedangkan untuk Speedy paket Time Based, IP Address akan berubah setiap kali kita melakukan koneksi (Dial).
  • Pastikan bahwa anda terkoneksi dalam jaringan yang terdapat modem Speedy nya (kali ini saya membahas modem merek Sanex). Buka http://192.168.1.1 (IP Address Modem jika belum diubah), lalu masukkan password. Username dan password default adalah : admin.
  • Lalu klik menu Advanced -> Virtual Server -> DMZ Settings, centang pilihan Enable DMZ lalu masukkan alamat IP komputer yang anda jadikan server.


  • Masih di menu Advanced -> Virtual Server, namun sekarang pilih menu Services. Pada menu ini kita mengisikan daftar layanan yang akan dibelokkan ke server kita jika terjadi permintaan / request dari luar. Misalnya jika kita aktifkan layanan web, maka jika ada permintaan dari luar ke port 80 akan dibelokkan secara otomatis ke server yang telah kita tentukan IP Address nya. Klik tombol "Add" untuk menambahkan layanan.

  • Akan muncul gambar seperti dibawah, sesuaikan pengaturannya dengan keinginan anda. Jika sudah selesai, klik tombol "OK"

  • Setelah anda klik tombol "OK", maka akan muncul tampilan seperti berikut. Klik link "Commit/Reboot" untuk me-restart modem anda.


Catatan : jika gambarnya kepotong klik aja langsung gambar nya untuk memperbesar gambar :D
Dengan demikian maka selesailah langkah pengaturan modem untuk menggunakan IP Public dari Speedy.  dan server anda bisa diakses dengan menggunakan IP Address yang telah anda dapatkan dari langkah pertama di atas. Akhir kata saya ucapkan selamat bereksperimen.



Sumber : http://gubukilmugratis.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar