Jumat, 19 April 2013

Membangun web server dengan bantuan Apache, PHP5 & Mysql

Apache adalah server webyang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windowsdan Novell netwareserta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP. Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya)
 install apache2
ketikan perintah seperti pada gambar di bawah ini
jika muncul pertanyaan seperti di atas ketikan saja Y lalu enter
setelah selesai instalasi, Apache2 langsung di jalankan secara default oleh ubuntu. Untuk mengetes apakah apache sudah berjalan, silahkan buka http://localhost
Jika tampilannya “It’s Work” maka instalasi berhasil.
PHP5
 PHP adalah bahasa yang populer untuk pemrograman web, selain free, bahasa ini juga mempunyai kelebihan bisa diinstall di sebagain besar sistem operasi baik itu Windows, Linux atau Mac OS X. PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis. PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.
 intallasi php5
sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5
sudo apt-get install php5-cli
sudo apt-get install php5-cgi
sudo apt-get install php5-mysql
setelah itu restart apache2 dengan perintah berikut.
Untuk melihat hasil intallasinya buatkan script dengan nama file info.php kemudian simpan di /var/www
scriptnya seperti gambar.
buka halaman localhost/info.php Jika tampilan yang muncul seperti dibawah ini, instalasi PHP berhasil. 
Instalasi MySQL
MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal. MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System)
ketikan perintah dibawah ini pada terminal untulk meng-install.
Installasi PHPmyAdmin
 masih di terminal ketikan perintah dibawah ini.
Nantinya ketika instalasi, akan ada bagian dimana kita dapat memilih apakah mau mengkonfigurasikan Apache dan MySQL sendiri atau dengan bantuan program instalasi ini. Kita pilih yang mudah saja, yaitu langsung dengan bantuan program instalasi. Tinggal pilih “Apache” seperti gambar
lalu nanti akan memasukkan password root Linux dan MySQL. Selesai.
Lalu cek apakah instalasi berjalan baik dan benar. Masukkan alamat http://localhost/phpmyadmin pada web-browser.
Jika muncul halaman seperti gambar dibawah ini, artinya installasi phpmyadmin kita berhasil.
Konfigurasi virtual host.
Ubah konfigurasi standar apache dengan menggunakan virtual host. Virtual Host merupakan cara untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu mesin atau satu IP .Misalkan kita mempunyai banyak domain tapi hanya mempunyai 1 IP public atau 1 server. Cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan cara membuat virtualhost yang ada di settingan apachenya. kita lakukan konfigurasi virtualhost dengan meng-edit file yang berada seperti gambar.
Pastikan konfigurasinya seperti gambar di bawah.
Penjelasan:
:Awal dari virtual host
ServerAdmin webmaster@localhost :Nama admin domain
ServerName host1.umar.org :Nama domain yang akan masuk ke server kita
DocumentRoot /var/www/host1 : File domain host1.umar.org
: Penutup VirtualHost
Membuat halaman awal web.
Buat file html dengan nama index.html di /var/www/host1.
untuk membuat file kita bisa gunakan beberapa cara, bisa menggunakan gedit, nano, vi dll, namun percobaan kali ini kita gunakan nano.

kemudian buat form bukutamu, dimana file ini berfungsi sebagai form penginputan data tamu. dengan extensi file .php “bukutamu.php” lalu simpan di tempat yang sama dengan file index.html tadi, dan konfigurasinya kurang lebih seperti ini.

Kemudian buat lagi file php sebagai penyimpanan daftar tamu dengan kemudian simpan di tempat yang sama dengan file di atas dengan nama bktamulist.php.
Seperti gambar

untuk melihat halaman awal web yang kita buat, ketikan http://host1.omar.org pada web browser dan hasilnya seperti gambar

kemudian ketika klik [ isi buku tamu ] maka kita akan di arahkan ke form buku tamu seperti gambar

jika kita klik lihat buku tamu pada halaman awal di atas, maka kita akan di arahkan ke tempat penyimpanan (database) tamu dan tampilannya seperti ini.

Pada tampilan diatas kita belum bisa menginputkan data dari form buku tamu karena koneksi ke databasenya, untuk mengkoneksikan kedatabase kita perlu menambahkan file untuk koneksinya. Misalnya db.php

kemudian buat lagi satu file daftar tamu dimana nantinya akan di tampilkan ketika kita meng-klik button kirim pada form buku tamu di atas. Isi filenya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.



Sumber : http://umarpoligon.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar