Jumat, 19 April 2013

Setup Domain Name Service (DNS)

Sistem Penamaan Domain atau DNS (Domain Name service) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host dan nama domain dalam bentuk database terdisdtribusi didalam jaringan komputer yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) . Fungsi utama DNS adalah menerjemahkan nama host menjadi alamat IP atau sebaliknya. Fungsi lainnya adalah memberikan informasi tentang suatu host ke jaringan internet yang terhubung dengan DNS . 
Percobaan
installasi bind9
Berkeley Internet Name Domain (BIND) adalah nama program server DNS yang umum digunakan di Internet . Serial BIND yang terakhir dirilis adalah BIND seri 9 . berikut cara installasinya.
Installasi dnsutils
setelah installasi bind9 selesai sekarang kita lanjutkan dengan intallasi dnsutils 
File konfigurasi DNS akan di letakan di direktori /etc/bind. File konfigurasi primary master berada di /etc/bind/named.conf. Dan nama file spesifik dengan konten DNS options. Direktori /etc/bind/named.conf.options akan memberitahukan bahwa DNS akan kemana untuk melihat file-file. Semua file-file BIND akan di gunakan secara relatif pada direktory tersebut. File yang bernama /etc/bind/db.root mendeskripsikan nameserver root di Internet. Server berubah pada beberapa waktu, jadi file /etc/bind/db.root harus di maintenance untuk sekarang dan nanti. Hal ini biasanya selesai setelah paket bind ter-update. Sektor Zone mendefinisikan server master, dan itu akan di letakan di file mentions pada file options. Ini juga memungkin untuk mengkonfigurasi server yang sama sebagai caching nameserver, primary master dan secondary master
Konfigurasi
 Caching nameserver
Konfigurasi default ialah setup untuk aktif sebagai caching nameserver. Untuk kebutuhan tersebut cukup sederhana hanya dengan menambahkanIP Address dari DNS Server ISP. Edit file /etc/bind/named.conf.options seperti hasil jadi di bawah
Sekarang restart BIND9 untuk mengaktifkan konfigurasi baru. Dari konsole : 
Primary Master Untuk mengkonfigurasi sebagai Primary Master hanya dibutuhkan 2 (Dua) point saja yaitu Forward zone file dan Reverse zone file. Kali ini kita akan mengkonfigurasi BIND9 sebagai primary master dari “umar.org”, caranya letakan file “umar.org” bersamaan dengan FQDN (Fully Qualified Domain Name) kita. Nama umar.org bisa di ganti sesuai keinginan kita. 
Forward zone file (File zona penerusan)
Untuk menambahkan zona DNS ke BIND9 dan menjalankan BIND9 ke primary master, langkah pertama ialah meng-edit file /etc/bind/named.conf.local seperti di bawah ini.
Sekarang gunakan file zona yang sebelumnya sudah ada sebagai master untuk di copy dan membuat file baru di /etc/bind/db.umar.org dengan perintah berikut:
Jika “db.umar.org” sudah dibuat di /etc/bind/ selanjutnya ialah meng-edit dan ganti localhostnya. Untuk FQDN server, jangan lupa diakhiri dengan tanda“.” (titik) pada baris terakhir, seperti yang tampak pada gambar seperti di bawah ini:
192.168.40.4 ialah Ip server yang mengarah ke LAN
 kemudian restart bind9 seperti yang sudah dilakukan di atas.
Reverse zone file (file zona pembalikan)
Sekarang zona tersebut di seting untuk me-resolving (menyelesaikan) pembalikan nama-nama domain ke IP address yang sangat dibutuhkan. Zona reverse (pembalikan) mengijinkan DNS untuk meresolv address ke nama.
Edit /etc/bind/named.conf.local dan tambahkan beberapa baris berikut :
Catatan :
Tempatkan 0.168.192 dengan posisi dibalik dari apapun network yang akan dipakai, disini alamat network yang dipakai adalah 192.168.0.0
 Sekarang kita buat file db.192 di dalam /etc/bind dengan meng-copy dari file /etc/bind/db.127
Lanjutkan dengan meng-edit file /etc/bind/db.192, untuk edit pada dasarnya sama seperti pada saat edit file /etc/bind/db.umar.org diatas :
setelah itu restart lagi bind9.
 
Setelah semua langkah-langkah di atas selesai lupa juga untuk meng-edit file resolv.config yang ada di /etc 
kemudian lihat hasilnya dengan memggunakan perintah “nslookup” apakah DNS yang kita buat berhasil atau tidak, jika tampilanya seperti gambar di bawah ini, maka DNS kita berhasil.
Testing
Ping
Sekarang untuk mendemontrasikan bagaimana aplikasi digunakan oleh DNS untuk meresolv suatu nama host, kita gunakan perintah ping untuk mengirimkan request :
Output akan terlihat seperti berikut jika dalam tes ini nameserver dapat meresolv nama umar.org ke IP Address : 

dig
tracing


tracing, yaitu melihat bagaimana sebuah domain diresolved menggunakan root server :

sebagai contoh lihat pada gambar di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar